Panorama Traveler

Panorama Traveler – Kemit Forest Education Cilacap

Sahabat Panorama Traveler, kami menuju ke Wisata Kemit Forest dengan berjalan kaki dari desa Cideng. Karena lokasinya dekat dengan desa tersebut yang kebetulan desa Cideng adalah kampung halaman dari host Agus Wan. Lumayan capek, tapi capek tersebut terobati karena sepanjang perjalanan, pemandangan hutan pinusnya cukup indah oleh rindangnya pohon pinus yang menjulang tinggi.

Kemit Forest Education ©Agus Wan

Wisata Kemit Forest Education terletak di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Wisata ini dulunya merupakan hutan produksi pinus kemudian dialihkan menjadi hutan wisata dengan luas area 5 Ha. Wisata ini dikelola oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH Banyumas Barat) yang bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Mulya.

Kemit Forest Education ©Agus Wan

Sejarah awal terbentuknya wanawisata ini adalah dari seorang pemuda yang mendatangi lokasi ini kemudian berfoto di lokasi tersebut lalu di publikasikan di sosial media sehingga lokasi tersebut semakin dikenal banyak orang dan pengunjung pun terus berdatangan. Nama “kemit” sendiri diambil dari nama “lembah” yang terdapat di sekitar wisata ini, sedangkan untuk “forest” yang diartikan sebagai “hutan”. Sekilas Kemit Forest Education ini mirip dengan wisata serupa yang terletak di Bandung, yaitu Lodge Maribaya yang hampir semuanya dikelilingi pohon pinus.

 

Wahana AyunanKemit Forest Education ini ditetapkan pada 27 November 2016. Jika kalian mau pergi berwisata ke Wisata ini anda bisa datang pada pukul 07.00 WIB dan tutup pukul 17:30 WIB, apabila kalian mengunjungi wisata ini pada pagi hari kalian bisa merasakan sejuknya udara khas hutan pinus dan menikati rerimbunan pohon pinus yang tentunya dapat memanjakan mata. Lokasi ini sangat cocok untuk foto-foto, selfie, foto prewedding atau buat nge-Vlog.

Kemit Forest Education ©Agus Wan

Untuk harga tiket masuknya cukup terjangkau, cuma Rp. 5.000 dan biaya parkirnya Rp. 2,000 untuk mobil dan motor. Dengan tiket semurah itu anda bisa menikmati keindahan wisata Kemit Forest sepuasnya dan tentunya harga tiket tadi belum termasuk tiket untuk mencoba wahana-wahana yang ada disitu.

Ada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang wahana permainan anak, CV. Masterbee Indonesia menggelontorkan dana lebih dari Rp 1,5 Miliar untuk pengadaan wahana-wahana baru di Kemit Forest ini. Sedikitnya ada 18 wahana yang nantinya akan disajikan di wisata Kemit Forest Education.

Kemit Forest Education ©Agus Wan

Untuk saat ini wahana-wahana yang ada baru sedikit, setidaknya ada 8 wahana yang bisa kalian coba. Harga tiket masing-masing wahana bervariasi, ada yang murah dan mahal, tergantung dari bentuk wahananya. Wahana tersebut terdiri dari:

  1. Wahana Lapangan Anak dengan rumput sintetis
  2. Wahana Ayunan yang sangat populer untuk berfoto dengan background lembah hutan pinus dan sawah.
  3. Wahana Sepeda Gantung yang bisa memacu adrenalin dan dengan background hutan pinus yang sangat indah.
  4. Wahana Dermaga Foto yang juga wahana popular di kemit yang sering digunakan untuk ajang berselfie ria.
  5. Wahana Hammock yang bisa buat santai.
  6. Wahana Komedi Putar.
  7. Wahana Jembatan Merah yang bagus juga untuk berfoto-foto dengan background hutan pinus.
  8. Dan Wahana memanah.

Akses jalan menuju Kemit Forest Education cukuplah mudah dan bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan, mulai dari motor, mobil atau truck. Untuk saat ini mungkin masih kurang bagus jalannya, tetapi nantinya jika Wisata ini sudah bagus, maka pemerintah akan memperbaiki jalannya untuk mempermudah akses ke lokasi Wisata Kemit Forest.

Kemit Forest Education ©Agus Wan

Jika kalian merasa haus dan lapar, jangan khawatir, di lokasi wisata Kemit Forest tersedia warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman untuk kalian santap sambil beristirahat menikmati keindahan alam disekitar lokasi wisata ini. Bagi yang beragama Islam nggak usah khawatir ketika ingin shalat, karena dilokasi tersebut sudah ada Musholla yang cukup nyaman untuk beribadah.

Untuk Lebih jelasnya dan lebih detailnya silahkan lihat Video Liputan dari tim PANORAMA TRAVELER di YouTube. Check it out!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *